Fashion show karya mahasiswa Tata Busana di Plaza UNJ (13/12)/Farah
Fashion show karya mahasiswa Tata Busana di Plaza UNJ (13/12)/Farah
KOMENTAR

MENAMPILKAN desain pakaian-pakaian menarik dan unik sebagai bagian dari tugas akhir mata kuliah Produksi Busana, mahasiswa Program Studi Tata Busana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar fashion show di Plaza UNJ, Rawamangun, Jakarta pada Kamis (13/12).

Seperti diketahui, UNJ memiliki program studi tata busana yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Program studi ini mempelajari teknik mendesain, belajar membuat pola, menjahit, dan juga mempelajari seluk beluk produksi busana atau fashion.

Namun tak hanya tentang bagaimana menjadi seorang desainer, mahasiswa program studi Tata Busana juga mempelajari analisis tren, marketing, dan manajemen bisnis fashion.

Dalam fashion show kali ini, para mahasiswa menampilkan beragam tema. Yang menarik, mulai dari panitia, desainer, bahkan model yang tampil adalah mahasiswa dari UNJ. Para model berjalan di ‘runway’ di hadapan para dosen yang menilai langsung karya para mahasiswa.

Melalui fashion show ini, mereka menunjukkan kemampuan dalam mendesain, menjahit, dan memadupadankan berbagai fashion item. Mulai dari kain putih polos hingga kain batik, sukses diolah menjadi pakaian dengan gaya serta konsep yang fresh, unik, dan modern.

Para mahasiswa dari berbagai fakultas pun ramai-ramai menonton fashion show ini, sebagai bentuk dukungan bagi teman-teman mereka dalam mempresentasikan tugas akhir. Penonton tampak antusias meskipun fashion show ini digelar outdoor pada siang yang cukup terik.

“Ide mereka segar, beberapa karya bahkan sukses mencuri perhatian, kita tentu mengharapkan kreativitas tersebut sejalan dengan kualitas jahitan dan cutting yang tak boleh diabaikan, serta sejalan dengan konsep sustainable fashion,” ujar Pilmawati, selaku salah satu dosen praktisi di Program Studi Tata Busana UNJ kepada Farah.id (13/12).

Mahasiswa program studi Tata Busana juga kerap bekerja sama dengan program studi lain. Misalnya pada tahun 2021 lalu, mahasiswa Tata Busana bekerja sama dengan mahasiswa Tata Rias untuk menampilkan kreativitas berupa Rias Fantasi dan Fashion Show di penutupan Dies Natalis UNJ ke-57.

Program studi Tata Busana menjadi salah satu program studi yang digemari kalangan muda. Tak heran bila peminatnya selalu bertambah dari tahun ke tahun.

Betapa tidak, studi ini menawarkan kesempatan kepada para mahasiswa untuk menggali potensi kreatif, mengikuti tren global, serta memulai bisnis fesyen atau bergabung dengan brand yang sudah berkembang pesat sebagai pilihan karier yang mentereng.




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Boho Snob, Gaya Bohemia Perpaduan Wastra Nan Cantik Karya Paradise Batik Mudrika

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga